Rabu, 03 Juni 2020

Perangkat KBM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                    : SDN.8 Saornauli Hatoguan

Kelas / Semester                       : 6  /2

Pelajaran                                   : Senam Irama

Sub Pelajaran                            : Pemanasan

Pertemuan                                : 1

Alokasi waktu                            : 90 menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan

kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama dengan tepat.

2.   Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan

pemanasan di dalam senam berirama dengan lancar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

 

 

v  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    10

    menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.     Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama.

B.    Menanya

1.     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.     Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

C.    Menalar

1.     Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama. (Critical Thinking)

2.     Siswa  memperagakan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama dengan bimbingan guru.

D.    Mencoba

1.     Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan pemanasan secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

E.     Mengkomunikasikan

1.     Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.     Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

150

menit

Kegiatan

Penutup

1.     Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

2.     Salam dan do’a penutup. (Religius)

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Siskap (catatan Anekdot)

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

Kasmen Sigalingging

NIP. 196112311984041016

Saornauli Hatoguan, Mei 2020

Guru Kelas

 

 

Rida .E.Simanihuruk,S.Pd

NIP.198409292015042002

 

 

LAMPIRAN

1.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan

 Kesehatan  Kementerian Pendidikan Nasional,2017.

2.     Internet.

3.     Video/slide/gambar

 

Catatan Guru

1. Masalah                    :……….

2. Ide Baru                    :………..

3. Momen Spesial         :………….


2 komentar:

  1. Aladdin 2-0 - Ali Babah No 2 - Aladdin 1st in the
    Aladdin 2-0. 넷마블머니상 The 벳익스플로어 first, to the third, in the beginning, is the air jordan 18 retro red suede my site story of King Ali how to get air jordan 18 retro Babah. This, in where to order air jordan 18 retro racer blue a world where no one is really involved

    BalasHapus
  2. Additionally, The supply comes with a 10x rollover requirement which you must meet inside 30 days. You’ll receive a 250% match-up on your first deposit, after which it reduces to 100% for the next deposits. The most bonus money find a way to|you possibly can} receive from each deposit is $1,000. Super 카지노사이트 Slots’ welcome bonus is unique end result of|as a result of} it’s unfold across the initial six deposits.

    BalasHapus