RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN.8 Saornauli Hatoguan
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Senam Irama
Sub Pelajaran :
Pemanasan
Pertemuan :
1
Alokasi waktu :
90 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan
kombinasi gerakan
pemanasan di dalam senam berirama dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerakan
pemanasan di dalam
senam berirama dengan lancar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca
Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
|
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi
gerakan pemanasan di dalam senam berirama. B.
Menanya 1.
Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi
yang disampaikan 2.
Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami. C.
Menalar 1.
Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan
kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama. (Critical Thinking) 2.
Siswa memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama dengan
bimbingan guru. D.
Mencoba 1.
Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian
praktikkan gerakan pemanasan secara bersama-sama. (Collaboration,
Creativity) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada
teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan
di depan teman dan guru. (Communication) |
150 menit |
|
Kegiatan Penutup |
1.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi
tubuh. 2.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
15 menit |
C. PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian Siskap (catatan
Anekdot)
|
Mengetahui Kepala Sekolah, Kasmen Sigalingging NIP. 196112311984041016 |
Saornauli Hatoguan, Mei 2020 Guru Kelas Rida .E.Simanihuruk,S.Pd NIP.198409292015042002 |
|
|
|
LAMPIRAN
1.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
|
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
|
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai
Berkembang |
Membudaya |
|||
|
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
Kementerian Pendidikan Nasional,2017.
2.
Internet.
3.
Video/slide/gambar
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….







Aladdin 2-0 - Ali Babah No 2 - Aladdin 1st in the
BalasHapusAladdin 2-0. 넷마블머니상 The 벳익스플로어 first, to the third, in the beginning, is the air jordan 18 retro red suede my site story of King Ali how to get air jordan 18 retro Babah. This, in where to order air jordan 18 retro racer blue a world where no one is really involved
Additionally, The supply comes with a 10x rollover requirement which you must meet inside 30 days. You’ll receive a 250% match-up on your first deposit, after which it reduces to 100% for the next deposits. The most bonus money find a way to|you possibly can} receive from each deposit is $1,000. Super 카지노사이트 Slots’ welcome bonus is unique end result of|as a result of} it’s unfold across the initial six deposits.
BalasHapus